4 Wisata Alam Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

pendidikan di kota dan desa
Melihat Kualitas Pendidikan Antara Desa dan Kota
November 22, 2018
umk wonogiri
UMK Wonogiri Terendah Kedua di Jawa Tengah
December 5, 2018
wisata jurug kemukus

jurug kemukus wonogiri

Wisata Wonogiri –  Wonogiri, kabupaten di ujung tenggara Jawa Tengah, dikenal sebagai gudangnya destinasi wisata alam. Mau wisata pantai atau gunung, mau yang sudah banyak dikunjungi wisatawan atau yang masih perawan, semua lengkap tersaji di Wonogiri.

wisata alam di wonogiri

wisata di wonogiri 

Wilayah yang memiliki luas 1.822,37 km persegi ini diapit oleh Provinsi Jawa Timur di sebelah timur dan selatan serta Provinsi Yogyakarta di bagian baratnya. Total jumlah penduduk Wonogiri mencapai 1.095.829 jiwa pada sensus 2017, dengan penduduk laki-laki 548.500 jiwa dan perempuan 547.329 jiwa.
Sebagian besar tanah kabupaten ini berupa perbukitan. Perbukitan kapur menghiasi wilayah ini, terutama di wilayah selatan. Tidak heran jika Wonogiri menyimpan begitu banyak potensi wisata alam yang menakjubkan, seperti dikutip dari joglosemarnews.com berikut ini.

Karangtalun
Wisata alam Karangtalun terletak di Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, sekitar 20 km arah timur Wonogiri kota. Area yang dijadikan kompleks wisata tersebut terdiri dari beberapa objek, antara lain air terjun Kricikan, air terjun Kalikotak, Tanggul Asri, Watu Sumyang, dan Pinus Asri.
Karangtalun yang merupakan bekas petilasan Pangeran Sambernyawa itu dikelilingi pemandangan alami yang asri, cocok untuk menyegarkan fisik dan jiwa. Udara yang sejuk di tengah pegunungan membuat pengunjung tidak merasakan lelah meski harus menapaki jalan lebih satu kilometer.
Pengunjung bisa memarkirkan mobilnya di pintu gerbang objek wisata, sementara untuk pengunjung yang bersepeda motor bisa masuk lebih jauh. Tiket masuk objek wisata Rp2.000 per orang, parkir motor Rp2.000, sementara parkir mobil Rp5.000.

Gua Song Gilap
Gua Song Gilap di Kecamatan Pracimantoro, yang berada satu kompleks dengan Museum Karst Indonesia Pracimantoro, menjadi bukti adanya kehidupan prasejarah di Wonogiri. Di gua tersebut ditemukan sejumlah fosil zaman purba.
Gua yang berada di tengah-tengah ladang dan hutan rakyat itu masuk wilayah Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, sekitar 50 kilometer arah selatan Wonogiri. Untuk masuk ke gua, pengunjung harus menuruni mulut gua. Seorang pengunjung, Devina, mengungkapkan bahwa gua tersebut masih perawan karena masih jarang kedatangan pengunjung.

Gunung Gandul
Gunung Gandul merupakan destinasi wisata gratis bagi masyarakat sekitar. Letaknya yang di tengah kota membuat pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mencapainya. Cukup membawa bekal seadanya, pengunjung sudah bisa menikmati panorama bukit kapur.
Dahulu, jauh sebelum Waduk Gajah Mungkur dibangun, Gunung Gandul menjadi ikon wisata kebanggaan Wonogiri. Kata orang, belum ke Wonogiri kalau belum sampai Gunung Gandul. Namun kini, dengan banyak bermunculannya destinasi wisata baru, pengunjung mulai mengalihkan tujuannya ke tempat lain.
Beberapa pihak berkeinginan membangkitkan kembali kejayaan wisata Gunung Gandul. Seperti sensasi memandang Kota Wonogiri di waktu fajar dari atas perbukitan Gunung Gandul yang dulu banyak dilakukan orang. Akses yang mudah menimbulkan optimisme untuk kembali menarik pengunjung.

Jurug Kemukus
Air terjun Jurug Kemukus terletak di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah . Dari pusat kabupaten, diperlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapainya.
Air terjun bertingkat tiga ini merupakan destinasi wisata baru di Wonogiri. Keberadaannya diharapkan bisa menambah daftar tempat wisata kabupaten tersebut. Nama kemukus diambil dari kata kukus yang berarti berasap. Air yang deras berjatuhan di antara bebatuan tampak menyerupai asap.
Triwik, seorang pengunjung, mengatakan untuk mencapai air terjun yang berada di hutan lebat, kita harus melewati bukit terjal dengan berjalan kaki. Namun, itu semua akan terbayar dengan pemandangan indah selama perjalanan.

4 Wisata tersebut wajib dikunjungi baik oleh wisatawan dari kota Wonogiri ataupun dari luar kota, dan diperlukannya perran masyarakat dan pemerintah untuk mensupport saran dan prasarana wisata di Wonogiri.

 

foto: cover joglosemar

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *