Bangun Karakter Karanganyar Berpendidikan Bersama Laila Istiana

Laila Istiana Rajin Kunjungi dan Diskusi dengan Pemilihnya
November 17, 2018

pendidikan politik di karanganyar

Pendidikan di Karanganyar – Kecerdasan Bangsa adalah salah satu tujuan bangsa Indonesia yang secara tersurat berada di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke empat. Cita-cita luhur para pendiri bangsa sudah selayaknya kita dukung secara penuh dengan berbagai upaya dan pengorbanan sebagai bentuk nasionalisme dan penghormatan terhadap jasa-jasa mereka.

Salah satu bentuk upaya yang dapat kita terapkan adalah memilih perwakilan rakyat yang dapat mendistribusikan kepentingan-kepentingan rakyatnya untuk pencapaian yang lebih baik karena sejatinya ketika perwakilan dari rakyat dapat memberikan aspirasi secara baik dan responsif, maka segala hal yang berkaitan dengan rakyat tersebut juga akan mendapatkan respon yang baik dari pemerintah tak terkecuali masalah pendidikan.

Pendidikan tentunya memiliki banyak faktor, terutama yang menjadikan kurangnya kesesuaian antara kompetensi secara nasional yang berbeda dengan tujuan dari daerah terkait. Ini tentu akan menjadi problema rumit ketika daerah yang dimaksud tidak memiliki perwakilan rakyat atau bahkan memiliki perwakilan daerahnya akan tetapi tidak menindaklanjuti permasalahan tersebut secara tepat karena kurangnya pengetahuan mengenai profil daerah secara pasti terutama dalam hal karakteristik pendidikan yang tepat untuk daerah tersebut.

Berbeda ketika perwakilan rakyat yang dimiliki mempunyai passion yang sesuai dan peka terhadap kondisi pendidikan sehingga akan menjadi nilai plus tersendiri ketika mampu memahami dan mengatasi berbagai permasalahan melalui akarnya.

Hal ini juga perlu digenjot habis-habisan di berbagai daerah agar penyelesaian dan penyesuaian karakteristik pendidikan dapat sesuai dengan profil dari daerah tersebut. Seperti di kota Karanganyar yang telah terkenal akan ekonomi agrarisnya, dan wisata bersejarahnya, dimana tentu menjadi penting ketika pengembangan sumber daya manusia dilaksanakan secara sungguh-sungguh untuk dapat bersaing di kancah nasional dan internasional.

pendidikan di karanganyar

pendidikan di karanganyar (foto pexels)

Seperti kita tahu bahwa Indonesia sangat berpotensi dalam penyediaan produk-produk agraris dan wisatanya yang dapat menjadikan daya tarik domestik tersendiri. Untuk itu perlu pengelolaan, pengenbangan, dan berbagai inovasi sehingga menjadikan kearifan lokal dapat dimanfaatkan secara efektif yang tentunya dengan peningkatan kualitas pendidikan penduduknya.

Kualitas pendidikan ini juga akan tercapai secara maksimal ketika wakil rakyat mau dan mampu untuk memberikan dan menyampaikan permasalahan-permasalah yang ada terutama terkait pendidikan kepada lembaga yang lebih tinggi sehingga permasalahan tersebut dapat teratasi.

Karanganyar sendiri memiliki orang-orang yang berpotensi dan master dalam membantu dan mengatasi berbagai permasalahan, terutama mengenai pendidikan seperti Ibu Laila Istiana. Beliau adalah seorang pendidik yang ahli dalam bahasa China, dan tentunya pengalamanya sebagai seorang guru bahasa di Budi Mulia Dua International High School yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadikannya memiliki potensi yang lebih terutama dalam hal mengetahui permasalahan-permasalahan lapangan yang berkaitan dengan pendidikan.

Selain itu, perempuan kelahiran 46 tahun yang lalu ini juga sudah berpengalaman dalam hal pendidikan karena beliau merupakan salah satu DPR Komisi X yang telah dipercaya untuk membidangi dalam hal pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, olahraga dan kepemudaan.

Mengingat salah satu potensi Karanganyar yaitu tempat wisatanya, maka selain masalah pendidikan, potensi beliau dalam hal kepariwisataan juga dapat membantu mengembangkan perekonomian masyarakatnya melalui pariwisatanya. Sehingga potensi dan kearifan lokal yang dimiliki Karanganyar dapat dioptimalkan yang tentunya akan menjadikan masyarakatnya lebih sejahtera.

Beliau juga merupakan aktivis yang berpengalaman dan aktif dalam berbagai kegiatan, seperti keaktivannya dalam berkontribusi pada Rancangan Undang-Undang APBN, kesiapan pemerintah dalam melaksanakan kebijakan ujian sekolah berstandar nasional, program Indonesia Pintar, evaluasi kinerja perpustakaan nasional, rencana strategi kemendikbud dan berbagai hal yang berkaitan untuk kemajuan dan perkembangan pendidikan di Indonesia.

(Visited 28 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *